EDITING FOTO INSTAGRAM ala @TEPONISIUS


    Sering ada DM masuk dan menanyakan hal ini "Bang foto-fotonya bagus editnya pakai apa?" sebenarnya si definisi foto bagus gak selalu dari hasil edit yah malah foto senatural mungkin dengan konsep yang menarik itu lebih baik,tapi ya gitu kadang foto foto saya terlihat biasa banget kalau gak foto dari belakang ya warnanya yang kadang kurang hidup jadi misal enggak di edit dulu kurang menarik perhatian mungkin,jadi saya memaksimalkan di editan agar fotonya layak buat di upload di Instagram.
    Dan karena sudah banyak yang nanyain jadi kali ini saya bakal buat tutorial edit ala ala feed Instagramnya @teponisius biar kalian yang pengen tahu bisa langsung baca dan langsung praktek,oh ya tutorial kali ini khusus mobile editing ya hanya edit foto pakai smartphone maklum jarang pakai PC kalau buat Instagram doang hehe,oke kita mulai yah tutorial editingnya,sebelumnya saya kasih foto before dan after foto yang siap upload.

Foto Asli,VSCO dan Lightroom

1. APLIKASI YANG DIGUNAKAN

    Nah hal pertama yang harus di siapkan tentunya si aplikasinya yakali kan mau edit gada aplikasinya ntar editnya pakai apa dong hehe,jadi disini saya pakai tiga aplikasi tapi yang paling sering saya gunakan ada dua aplikasi jadi sekarang saya hanya akan berbagi dua aplikasi saja dan yang pasti kalian semua sudah paham banget lah saya jamin aplikasinya yaitu:

- VSCO
- LIGHTROOM


Aplikasi yang digunakan

 Bisa kalian download di Playstore maupun Applestore yah,tapi disini si saya pakai Android.

2.STEP EDITING

    Yap udah pada tahu kan aplikasi yang di gunakan apa aja,jadi sekarang saya mulai nih step by stepnya.

-VSCO

    Disini saya pakai VSCO X bagi kalian pengguna Android bisa DM buat minta aplikasinya biar gak perlu beli,nah buat pengguna IoS ya siap siap ngeluarin duit lah buat beli VSCO X hehe.

1. Langkah pertama import foto yang bakal di edit ke vsco.
2. Selanjutnya pilih filter yang enak sesuai selera dan yang pas sama fotonya,biasanya saya memilih filter E2.

Filter VSCO E2



 Oke paham ya,setelah editing di vsco selesai kemudian save dan Lanjutkan edit di Lightroom.


Before & After VSCO E2



- LIGHTROOM

 Menurut saya editing sebenarnya ada di Lightroom,kenapa bisa begitu? Karena kalau tadi di VSCO kan tinggal milih preset atau filter yang diinginkan,istilahnya tinggal pencet pencet doang,tapi kalau disini bener bener edit sesuai keinginan jadi mencari warna yang pas dan enak dan tentunya sesuai feed agar gak terlalu beda nantinya pokoknya rasa sangat dibutuhkan disini biar hasilnya maksimal,oke langsung saja ya disimak jangan lupa camilannya biar bacanya makin seru kalau gak ada ya sini ke Purwokerto lah nanti aku beliin mendoan hehe,siap lanjut?
 Ada tiga tools yang digunakan yaitu Light,Color dan Effects.

1. Light

Light adalah basic editing,terdapat beberapa pilihan tools yaitu brightnes,contrast,highlight,shadows,white dan black,disini tidak ada rumus pasti karena setiap foto editannya pasti berbeda tapi saya akan berbagi rumus edit yang biasanya saya lakukan,seperti ini.
• Brightnes saya tambah jika foto terlalu gelap (Biasanya saya mengambil foto under exposure)
• Contrast saya kurangin biar kontras warna tidak terlalu keras
• Highlights saya kurangin terutama jika ada langitnya karena biar langitnya gak over exposure (terlalu silau).
• Shadows biasanya saya tambah agar misal foto masih agak gelap dapat lebih jelas.
• Whites di kurangin (opsional)
• Blacks di tambah (opsional)

Lihat gambar di bawah ini.

Light

 Selain itu saya juga menggunakan Curve (Gak saya jelasin karena masih bingung,soalnya masih baru baru pakai curve) tapi yang jelas saya main curve per warna dan juga walau digeser gesernya hanya sedikit di curve itu sudah merubah warna,dan saya bakal memberi contohnya.
Lihat gambar dibawah ini.

Curve


2. COLOR

Di color berisi beberapa tools seperti: Temperature,Tint,Vibrance dan Saturation.
• Temperature untuk mengatur warna foto agar dominan ke biru maupun kuning,kalau saya si temperature ditambah agar foto semakin terlihat warmth.
• Tint untuk mengatur warna foto agar dominan ke hijau atau ungu,dan biasanya saya membiarkan tetap 0.
• Vibrance saya biasa menguranginya sedikit
• Saturation saya tambah agar warna semakin kuat.

Lihat gambar dibawah ini.

Color

3. EFFECTS

Untuk effects saya jarang banget menggunakan,kalau pun menggunakan biasanya saya mengatur clarity ataupun menambah vignette dan juga memakai tool splite tone.

4. MIX (HSL/Hue,Saturation,Luminance)

 Ini adalah step terakhir step dimana warna warna foto bisa dirubah perwarna dengan sesuka hati dan sesuai selera masing masing,saya gaperlu jelasin panjang lebar saya bakal langsung kasih contoh editan HSL.
Contoh HSL

Dan tutorial edit pun selesai semoga dengan tulisan ini bisa sedikit membantu dan menjawab pertanyaan pertanyaan yang masuk,mohon maaf banget misal masih kurang saya sudah berusaha membuat semaksimal mungkin tapi ini lah hasilnya mohon maaf juga jika tulisannya membingungkan maklum baru baru nulis Blog hehe,Terimakasih yang sudah menyempatkan membaca.





Komentar